Jumat, 26 Maret 2010

Review : Alice In Wonderland


ALICE IN WONDERLAND
You’ve got a very important date


[Walt Disney Pictures]
Directed by:
Tim Burton
Starring: Mia Wasikowska, Johnny Depp, Anne Hathaway, Helena Bonham Carter, Crispin Glover, Stephen Fry, Alan Rickman, Michael Sheen, Christopher Lee, Timothy Spall, Michael Gough
Genre: Adventure/Family/Fantasy
Budget: US$250.000.000
US Release Date: March 5, 2010
*****
Burton memiliki ciri khas yang sulit ditiru oleh sutradara mana pun juga sehingga karya-karyanya selalu terlihat original dan dinantikan oleh para penggemar. Kini ia kembali mengangkat kisah petualangan yang dianggap sebagai salah satu kisah klasik, yaitu Alice in Wonderland. Tidak seperti sebelumnya, film ini bukanlah adaptasi dari kisah originalnya melankan sekuel dari 2 novel originalnya; Alice’s Adventures in Wonderland dan Through the Looking-Glass
Walaupun disebut sebagai sekuel, Alice in Wonderland versi Burton tetap mengusung begitu banyak elemen dari kisah original. Mungkin, yang sedikit membedakannya adalah fakta bahwa Alice dalam versi terbaru ini telah menjadi gadis remaja yang tengah beranjak dewasa.
Dikisahkan Alice Kingsley telah berusia 19 tahun. Saat tengah menghadiri sebuah pesta kalangan atas, Alice dikejutkan dengan lamaran yang dilakukan oleh seorang pria kaya di hadapan ratusan undangan yang ada di sana. Tidak siap menerima kenyataan yang sangat mengejutkan ini, ia memutuskan melarikan diri dari tengah-tengah pesta, lari sekuatnya tanpa tahu ke arah mana, paling tidak itu yang dia duga, hingga ia menyadari bahwa ternyata ia tengah berlari mengikuti seekor kelinci. Apa yang terjadi berikutnya sungguh mengejutkan. Ia dibawa memasuki sebuah ruangan, tubuhnya berubah menjadi kecil, dan sejurus kemudian, ia telah berada di dunia yang pernah ia datangi sebelumnya, Wonderland.
Tanpa ia sadari, ia kembali melakukan perjalanan yang pernah ia lakukan, dan kembali bertemu teman-teman lama yang siap membantunya, seperti Mad Hatter (Depp), White Quenn (Hathaway), Caterpillar (Rickman), Tweedledum & Tweedledee (Lucas), serta para penghuni lainnya. Mereka pun bahu membahu untuk satu tujuan, yaitu menghentikan teror yang diciptaka oleh Red Queen beserta pasukannya selama ini.
Seperti film-film Burton sebelumnya, Alice in Wonderland akan ditampilkan dengan nuansa gothic, imajinatif, artistik, dan kelam dalam balutan warna-warni mencolok lengkap denagn karakter-karakter unik. Nama besar sang sutradara eksentrik ini sendiri sudah dapat memberikan jaminan akan kualitas film arahannya, dan apabila ditambah aktor sekaligus sahabat karibnya; Johnny Depp, sebagai pemain, maka film tersebut menjadi sebuah film yang wajib ditonton oleh semua orang, termasuk Alice in Wonderland. Dengan promosi yang tergolong gencar serta tidak adanya saingan yang berarti yang rilis bersamaan, kelihatannya posisis nomor 1 dalam daftar box office bukan perkara sulit untuk digapai.
*****


0 komentar:

Posting Komentar